Monday, May 29, 2017

Kamu Blogger? Perhatikan 5 Hal Ini Untuk Mengindari Penurunan Traffic Secara Drastis


Pernah merasakan traffic blog yang turun dengan drastis? hal ini sedang dialami oleh AllAbout sendiri, pasalnya saat AllAbout mengganti template keesokan harinya traffic blog menurun secara drastis. Anda juga pernah mengalaminya atau belum? Simak artikel ini guna menghindari terjadinya penurunan traffic atau visitor pada blog anda.

Untuk para blogger traffic pasti sangat penting baginya, karena dengan jumlah traffic yang meningkat perharinya ini akan membuat blog anda semakin bagus dan akan dikenal oleh orang banyak. Belum lagi jika ada orang yang ingin menawarkan bisnis untuk menayangkan sebuah iklan di blog anda, ini pastinya sangat menguntungkan. Namun masih banyak para blogger yang tidak mengetahui penyebab turunnya traffic pada blog mereka, sehingga membuat mereka resah dan kemudian malas untuk meng-update blognya dikemudian hari. Lantas apa saja penyebab turunnya traffic pada blog?

  1. Blog Jarang Update Artikel.
    Kalo untuk kenyataan yang satu ini sih pastinya sudah jelas, karena blog yang jarang update artikel pastinya jarang dikunjungi oleh visitor. Kenapa? Ya jelas karena visitor mengunjungi blog anda untuk membaca sebuah artikel yang baru dan berbobot. Jadi, jika anda jarang membuat artikel pada blog anda, maka traffic blog pun susah meningkat atau bahkan akan turun dengan sendirinya.
  2. Owner Malas Mengurus Blog.
    Bikin blog kok tapi malas ngurus, mending enggak usah bikin sekalian deh! Banyak nih para blogger yang membuat blog hanya sekedar untuk bergaya dan tidak mengetahui asal usul dan seluk beluk dari blog itu sendiri. Mau traffic atau visitor yang banyak tapi malas urus blog sendiri, gimana ceritanya? Mengurus blog sendiri bukan hanya meliputi dengan update artikel tiap harinya, namun perhatikan juga sisi lain seperti Layout, Template, Backlink, Sitemap dll.
  3. Pemasangan Iklan Yang Terlalu Berlebihan.
    Pemasangan iklan yang tidak wajar juga dapat menurunkan traffic pada blog anda, mengapa? Menurut saya sendiri blog yang terlalu memasukkan banyak iklan akan membuat para visitornya tidak betah berlama-lama di blog tersebut. Pasanglah iklan dengan sewajarnya, gunakanlah satu sampai dua pengiklan saja (ex; Adsense dan Poptm). Hindari juga pemakaian iklan yang tidak pantas seperti iklan 18+, judi dll, kenapa? ini akan membuat blog anda akan dianggap mengandung unsur-unsur yang tidak pantas oleh beberapa search engine dan akan membuat blog anda di blokir oleh pemerintah. Parahnya lagi jika blog anda terkena Sandbox oleh beberapa search engine, maka perhatikan kualitas iklan dari blog anda.
  4. Isi Konten atau Artikel Yang Tidak Berbobot.
    Kualitas artikel juga turun mengambil andil penting dalam traffic blog, semakin bagus kualitas dari artikel pada suatu blog maka semakin besar pula kesempatan dalam meraih traffic. Isi konten atau artikel yang berkualitas itu biasanya terdiri dari sebuah gambar, pilihan kata yang benar, bahasa yang baik dan sopan, artikel melebihi 500 kata dll. Jadi sebelum memposting artikel pada blog, perhatikan dahulu kualitas artikelnya! Semakin bagus isi artikel semakin disukai juga oleh para visitor.
  5. Jangan Terlalu Sering Ganti Template.
    Hal ini memang masih hangat didiskusikan, kebanyakan para blogger yang sehabis mengganti template pada blognya pasti akan mengalami penurunan visitor, layaknya AllAbout setelah kemarin mengganti template pada blog ini, traffic yang biasanya mencapai 1000 perhari dan semenjak mengganti template traffic tidak mencapai angka 500 visitor. Namun jangan berkecil hati, yang namanya perubahan pasti akan mendapatkan yang terbaik. Terutama jika perubahan yang dialami menjadi lebih baik dan bagus pastinya akan mendapatkan hasil yang terbaik dikemudian harinya.

Mungkin itu saja yang dapat AllAbout bahas dalam artikel kali ini, saya berpesan untuk anda yang mempunyai blog dengan traffic rendah janganlah berkecil hati, faktanya semua blogger yang sukses pastinya pernah mengalami hal yang sama dengan anda, tetap semangat dalam mengelola blog anda. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, terimakasih telah berkunjung.
Load disqus comments

26 komentar