Wednesday, May 10, 2017

Apa itu BotNet? dan Bagaimana Cara Mencegah Serangan BotNet



Apa itu BotNet? sebelum admin menjelaskan tentang botnet, mari kita lihat dahulu asal usul kata botnet. BotNet terdiri dari atas dua kata yaitu "Robot" dan "Network" atau disatukan menjadi robot network. Kata robot digunakan karena cara kerja dari botnet yang sama seperti sebuah robot yang bekerja sendiri berdasarkan programnya.

Bots digunakan untuk banyak keperluan karena sifatnya yang dapat bekerja sendiri dan yang paling banyak berkeliaran adalah Bots dari search engine seperti Google, Yahoo, Bing dll. Bots ini bekerja secara otomatis dengan mengunjungi dan mengindex website-website yang ada di dunia maya sehingga data-data dapat dimasukkan kedalanm database search engine tersebut.

Bots yang saling terhubung dan bekerja bersama-sama inilah yang dimaksud sebagai BotNet. Tugas yang paling sering digunakan oleh para penjahat cyber adalah melakukan serangan DDoS, mengirimkan SPAM, mencuri data kartu kredit dan sebagainya.


Penyebaran BotNet sendiri banyak dilakukan dengan cara illegal seperti melalui software atau aplikasi bajakan dengan file yang telah disusupi, worm dan lain sebagainya. Dengan menyusupi file ke software atau aplikasi bajakan adalah cara yang mudah untuk mencari sasaran empuk terutama bila ada software atau games populer.
Hacker pembuat botnet biasanya mempunya software yang disebut Bot Command dan Control Center untuk mengendalikan jaringan botnet yang dibuatnya. Hacker mengirimkan sebuah perintah ke robotnya melalui Bot Command. Botnet saat ini sudah dipakai untuk beragam tindakan Cyber Crime, seperti pemerasan, scam, spam, pencurian data, pembajakan dll.

Anda dapat Mencegah Serangan BotNet dari komputer anda dengan cara :
  1. Tidak meng-klik sembarang link.
  2. Tidak menggunakan software bajakan.
  3. Jangan sembarang download jika link tidak dapat dipercaya.
  4. Update software secara berkala.
  5. Install Antivirus pada komputer.

Tanda-tanda komputer telah ter-infeksi oleh BotNet :
  1. Masalah akses internet.
  2. Sering muncul pop-up pada komputer
  3. Pemakaian kuota tidak wajar.
  4. Sering membuka web browser dengan sendirinya
  5. Komputer akan menjadi lambat

Itulah ulasan dari artikel berjudul "Apa itu BotNet? dan Bagaimana Cara Mencegah Serangan BotNet" semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung berkomentar dibawah. Terimakasih atas kunjungannya.



Load disqus comments

22 komentar