Saturday, May 27, 2017

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Pertama Kali Membuat Blog?


Kalian baru membuat blog? Baru pertama kali main di dunia blog? Bagi kebanyakan blogger pemula pastinya akan bingung dengan situasi ini, setelah ia baru saja selesai membuat blog baru lalu muncullah pertanyaan di benak mereka " Apa yang harus saya lakukan setelah membuat blog? ". Tenang saja, di artikel kali ini AllAbout akan memberikan sedikit informasi mengenai apa yang harus anda lakukan sesaat setelah membuat blog.

Apa Itu Blog?
Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan (biasanya membuat artikel) pada sebuah halaman web. Blog sendiri diambil dari kata web log dan jika digabungkan menjadi Blog.

Untuk menjadi seorang blogger sangatlah mudah, anda hanya perlu mendaftarkan diri anda di blogger.com atau wordpress.com (untuk pemula disarankan memakai blogger saja). Namun anda juga diharuskan menguasai sedikit bahasa web (php, html, css dll). Yang bertujuan untuk mengolah template blog anda sebagus dan sekreatif mungkin. Memang banyak jasa pemasangan template secara instant, tapi lebih baik anda melakukannya sendiri, sekalian belajar agar nantinya lebih terbiasa saat ingin mengganti template sendiri.

Lalu apa yang harus saya lakukan saat pertama kali membuat blog? Setelah anda selesai mendaftarkan diri di blogger.com dan telah berhasil membuat sebuah blog baru, maka ikuti lah beberapa langkah ini guna mempersiapkan blog anda untuk kedepannya.

1.  Tentukanlah Niche atau Tema yang Sesuai Dengan Blog Anda.
Saat anda ingin membuat blog, ada baiknya anda memikirkan niche atau tema apa yang harus anda gunakan pada blog anda nantinya. Niche atau tema blog bertujuan untuk membahas apa yang akan anda isi pada artikel anda dikemudian hari. Bingung mau pilih niche apa? baca artikel ini gan.
→ 15 Ide Kreatif Dalam Membuat Artikel

2.  Siapkan Sebuah Nama Domain.
Setelah anda selesai dengan niche blog, saatnya anda memikirkan nama domain yang pas dengan blog anda. Nama domain yang ideal itu adalah yang saling menyangkut pautkan antara nama blog dengan niche yang dibahasnya. Contoh saja blog ini yang mempunya nama AllAbout dan berdomain about31.net.
Tips Memilih Nama Domain

3.  Memilih Template yang Pas.
Saat pemilihan tempale anda bisa menggunakan template bawaan dari blogger, namun kebanyakan para blogger mengambil template dari luar. Untuk template sendiri sesuaikan dengan selera anda, yang terpenting template tersebut bersifat Simple, Friendly dan SEO. Untuk template luar sendiri bisa anda search di google ya.

4.  Carilah Artikel yang Berkaitan dengan Niche Blog Anda.
Hal ini bertujuan agar anda dapat menjadikan artikel atau blog tersebut sebagai referensi saat menulis artikel di blog sendiri. Didalam dunia blog pastinya anda akan mengalami yang namanya kendala, salah satunya adalah saat menulis artikel tiba-tiba otak mentok. Jalan satu-satunya adalah dengan cara searching artikel di google yang sama dengan niche blog anda, dan menjadikannya sebuah referensi ide saat menulis artikel nantinya.

5.  Submit Blog Anda di Google Webmasters, Bing dan Yandex.
Gunanya untuk apa ya gan? Gunanya pada poin kelima ini adalah agar blog anda dapat ter-indeks oleh Google, Bing, Yandex. Gatau apa itu ter-indeks? Ter-indeks itu adalah saat blog anda dapat dicari dengan search engine, (ex: saat saya mengetikkan about31.net di search engine google, maka otomatis blog ini akan muncul). Untuk link webmastersnya.
Google : Google Webmasters
Bing : Bing Webmasters
Yandex : Yandex Webmasters

6.  Postinglah Artikel Secara Rutin.
Setelah kelima poin diatas telah selesai dilewati, saatnya anda membuat artikel. Postinglah sebuah artikel minimal satu hari sekali, agar blog anda terlihat lebih update dan masih terlihat aktif oleh google. Jangan lupa juga untuk men-submit artikel anda ke Webmasters agar dapat ter-indeks oleh search engine.
Tips & Trik Agar Artikel Masuk PageOne Google

7.  Lakukanlah Blogwalking.
Manfaat blogwalking untuk blog sangatlah banyak khususnya untuk blog baru ya. Silahkan baca artikel AllAbout mengenai blogwalking pada dibawah ini.
Apa Itu BlogWalking? Dan Apa Manfaatnya

8.  Jangan Lupa Share Artikel Anda di Social Media.
Jangan anggap remeh poin ini, terutama untuk anda para blogger pemula. Poin ini sangat penting bagi anda, kenapa? Karena sebuah blog baru otomatis belum terkenal oleh banyak orang, maka ada baiknya setiap anda selesai membuat sebuah artikel, share lah artikel anda di social media (facebook, twitter, google+ dll).

9.  Gunakan Google Analytic dan Histats.
Apa sih gan gunanya Google Analytic dan Histats? Gunanya adalah untuk memantau sumber traffic pada blog anda. Kan ada menu Stats di blogger, kenapa harus memakai itu? Perlu diperhatikan menu stats di blogger sendiri, bisa dimanipulasi dengan cara mengunjungi blog anda sendiri secara berulang-ulang maka hasil statsnya akan naik dengan drastis. Namun berbeda dengan Google Analytic dan Histats, hitungan sumber traffic di web tersebut sangatlah akurat, bahkan hampir semua para blogger memakai web tersebut guna memantau sumber trafficnya.


Load disqus comments

24 komentar