Thursday, May 11, 2017

Bagaimana Cara Memilih Gitar dan Merawatnya Dengan Benar ?


Kualitas gitar menjadi sangat penting karena akan menjadi penentu kemampuan anda, baik dari segi teknik ataupun musikalitas. Tentu saja, harus kita sesuaikan dengan kebutuhan maupun kemampuan keuangan kita. Bila kita benar-benar pemula atau newbie, tentu akan terasa berlebihan bila langsung membeli gitar yang harganya jutaan apalagi sampai puluhan juta, ada baiknya untuk belajar beli lah gitar yang harga dibawah jutaan tetapi tetap perhatikan kualitasnya.

Bila anda sudah berada di tingkat lanjut, apalagi mahir ( bahasanya kerennya master lah ), tentu perlu gitar yang lebih bagus. Toko-toko musik di kota besar biasanya menyediakan tipe gitar-gitar kelas menengah. Mereknya meliputi Yamaha, Squire dan sebagainya. Satu hal yang pasti, dari segi fisik gitar-gitar pemula biasanya memakai kayu lapis untuk bahan bodinya. Sedangkan gitar yang bagus menggunakan kayu. Hal ini sangat berpengaruh pada kualitas suaranya. Gitar kayu pun suaranya akan makin bagus bila makin sering dimainkan. Sedangkan gitar dari kayu lapis suaranya begitu-begitu saja, yang mana pilihan anda? pastinya tergantung budget dan kebutuhan anda.

Jika anda ingin membeli gitar, perhatikan hal-hal berikut ini :

1. Gitar elektrik atau listrik
  • Warna : sesuaikan dengan selera anda, dan pastikan juga catnya harus bagus dan tidak mudah mengelupas atau tergores.
  • Bentuk : sesuaikan dengan selera anda.
  • Fret : jumlah frest disesuaikan saja, bisa 21,24 atau ditambah lagi seperti punya Brian May. Tinggal nada tertinggi yang ingin dijangkau saja. Cobalah nada tiap fret dengan memetik gitar, jangan sampai keliru, biasanya ada gitar yang jelek, sehingga ada dua fret menghasilkan satu nada atau nada sumbang (fals).
  • Senar : untuk gitar elektrik senarnya adalah steel string, bukan dari nylom. Pilihlah yang kuat, tidak mudah putus, lentur kalau bisa jangan sampai bikin jari sakit atau mudah lepas selubung senarnya
  • Bahan : pilih kayu mahoni atau jati (teak) yang cukup kuat, biasanya yang berat adalah yang bagus, tapi jangan terlalu berat juga, bisa anda sesuaikan dengan selera.
  • Neck  : pilih gitar yang neck-nya kuat dan lurus agar tidak mudah patah atau bengkok. Biasanya di dalam neck gitar ada plat loga untuk kekuatan necknya.
  • Pickups : gunakan pickup yang suaranya keras, jernih, tidak mudah pecah ketika di geber dalam volume maksimal, pengaturan volume dan tonenya yang bagus.
  • Pemutar senar (tuning machines) dan headstock : untuk pemutar senar pilihlah yang tahan karat. Head bisa menghadap ke atas atau ke bawah dan juga bisa sama-sama (3 senar menghadap atas, 3 sendar menghadap bawah, tinggal bentuknya). Perhatikan posisi senarnya pada head: carilah posisi untuk senar E tinggi (senar no 1) apakah yang terjauh atay tidak diukur dari bridgenya, carilah yang terdekat saja karena senar E tinggi mudah putus (tapi biasanya headnya menghadap ke atas).
  • Saklar : pilih yang di depan saja, biar ngaturnya ga ribet. Cari pentolan saklarnya yang kuat agar tidak mudah lepas. Perpindahan suara, hidup mati (on-off) yang diatur lewat saklarnya juga jelas.
  • Jacl : untuk jack kabel ke ampli lebih bagus kalau di pinggir saja daripada di depan, karena kalau di depan akan menghalangi tangan untuk bebas bergerak mengatur handle bridge.

2. Gitar akustik
  • Warna : dapat anda sesuaikan dengan selera, pilih catnya yang bagus dan tidak mudah mengelupas atau kena gores.
  • Bentuk : sesuaikan dengan selera masing-masing
  • Fret : biasanya 18 untuk yang nylon, atau bisa lebih untuk yang steel guitar. Cobalah nada tiap fret dengan memetik gitar, jangan sampai keliru, biasanya ada gitar yang jelek, sehingga ada 2 fret menghasilkan satu nada atau nadanya sumbang (fals).
  • Senar : bisa nylon atau steel, pilihlah yang lentur, untuk nylon biasanya lebih awet daripada yang steel.
  • Bahan : pilih yang kuat, kalau gitar akustik biasanya terbuat dari kayu lapis untuk body pilih yang tebal, dan daya akustiknya bagus, sehingga suara atau nada yang dihasilkan bisa lebih jernih.
  • Neck : hampir sama dengan gitar elektri, pilih gitar yang neck-nya  kuat dan lurus agar tidak mudah patah atau bengkok. Kalau yang bagus untuk gitar akustik beberapa pabrik biasanya menambahkan plat logam juga, tapi itu sangat jarang.
  • Pickups : bersifat opsional untuk gitar akustik.
  • Pemutar sendar dan headstock ; untuk pemutar senar gunakan yang tahan karat. Head bisa menghadap ke atas atau ke bawah dan juga bisa sama-sama ( 3 menghadap atas, 3 menghadap bawah).

Jika diatas AllAbout sudah mengulas tentang " Bagaimana Cara Memilih Gitar ? " sekarang kita beralih ke point kedua dari artikel ini yaitu " Bagaimana Cara Merawat Gitar Dengan Benar ? ". Yuk simak ulasan berikut.

Alat musik petik satu ini tentunya diwajibkan mendapat perawatan dari pemiliknya, paling tidak seminggu sekali, karena menurut penelitian bahwa saat bermain gitar, tanpas disadari manusia mengeluarkan keringat cukup banyak dari tangannya. Ini karena kerja otak  dan gerak tangan yang cukup menguras energi. Hal ini sangat jarang disadar oleh para gitaris. Coba deh lihat gitar anda, apakah ada karat di setiap permukaan yang dibatasi tiap freet-nya (fretboard). Bila ada, hal tersebut disebabkan setelah bermain, senar gitar terkena keringat, kotoran, debu, dan lain lain. Jadi semacam itulah yang menyebabkan suara gitar anda menjadi cempreng dan fals.


Dibawah ini akan AllAbout sajikan beberapa cara merawat gitar:

  1. Bersihkan Senar
        Yaitu membersihkan seluruh bagian senarnya dengan cara dilap dengan bahas yang lembut. Bila perlu dibasahi dengan cairan String Cleaner (pembersih senar).
  2. Bersihkan Gitar
        Cukup dilap saja menggunakan kain yang lembut dibagian body, neck dan pickup (untuk bagian pickup bisa gunakan kuas cat), pokoknya sampai kaya baru lagi dah. Bila perlu, gunakan cairan Guitar Polish
  3. Rumah Gitar
        Pastikan gitar anda mempunyai rumah untuk melindunginya dari udara kotor di luar dan dari benturan, baik softcase maupun hardcase. Softcase lebih ringan dan mudah untuk dibawa kemana-mana, sedangkan hardase melindungi total dari benturan. Tergantung pilihan anda saja, perlu diingat selalu simpan gitar anda di dalam case jika tidak dimainkan.
  4. Letakkan yang Benar
        Meletakkan gitar yang benar adalah terlentang, dengan bagian neck senar menghadap ke atas.
  5. Kendurkan Senar
        Selain membersihkan senar gitar, anda juga perlu mengendurkan senar gitar bila tidak dipakai lama. Ini bertujuan agar neck gitar anda tidak melengkung. Senar gitar yang disetel adalah tali yang ditegangkan, dan penegangan ini akan menarik dua sisi yang menegangkan.
  6. Bersihkan Fretboard
        Fretboard adalah tempat bersarangnya kotoran akibat keringat dari jari dan kotora. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa menjadi kerak. Setiap anda mengganti senar, sekalian bersihkan fretboardnya dengan pick gitar, lalu lap dengan bahan yang lembut.
  7. Ganti Senar
        Jika senar anda sudah berkarat, segeralh ganti. Jika tidak, bukan hanya tidak enak dimainkan, tapi warna suaranya juga menjadi tidak karuan, dan merusak  fret gitar. Selain itu, jari-jari anda juga bisa sakit. Belum lagi jika senar itu putus dan melukai tangan anda. Biasakan untuk mengganti senar gitar satu set sekaligus, hal ini bertujuan untuk mencegah belangnya suara antara senar baru dan lama.
  8. Jangan Dibanting
        Jangan suka membanting gitar, karena akan mempengaruhi suara dan bodi gitar anda, apalagi kalau gitar anda merupakan alat musik yang lumayan mahal.
 

Itulah beberapa cara dari Memilih Gitar dan Merawatnya Dengan Benar dari artikel yang berjudul "Bagaimana Cara Memilih Gitar dan Merawatnya Dengan Benar ?" Terimakasih untuk anda yang telah membaca artikel anda. Semoga bermafaat bagi kalian.
Load disqus comments

4 komentar