Friday, May 12, 2017

Cara Mengembalikan File Yang Ter-Hidden Oleh Virus Dengan CMD


Pernahkah file kalian hilang secara tiba-tiba? Atau data-data di flashdisk anda lenyap? Tenang saja, AllAbout mempunyai solusi mengenai masalah ini. Kejadian ini sering kali menimpa orang-orang awam yang belum terlalu paham dengan komputer, jika menemukan kejadian seperti ini janganlah langsung pasrah atau langsung mem-format flashdisk anda. Beranikan diri anda untuk mengotak-atik komputer anda, jika tidak paham bisakan anda search di Google? Memang kejadian ini sangat menjengkelkan, apalagi saat file penting kita lenyap entah kemana. Bagaimana perasaan anda, jika saat anda akan mempresentasikan file anda didepan audien, namun file anda tiba-tiba lenyap dan anda tidak mengerti apa-apa mengenai masalah ini? pasti sangat kesal bukan? Tapi pada kesempatan kali ini AllAbout akan memberikan sedikit tutorial tentang " Cara Mengembalikan File Yang Hilang Oleh Virus Dengan CMD ". Langsung simak ulasan berikut.


 


Anda mengetahui apa keanehan dari dua gambar diatas? ya, saat saya mencolokkan flashdisk, dapat terlihat pada disk bernama "ALLABOUT" terdapat 533 MB file didalamnya. Namun ketika saya membuka disk tersebut, apa yang nampak? Data-data didalam flashdisk saya hilang entah kemana. Pernahkah anda mengalami kejadian seperti diatas? Berikut AllAbout akan memberikan tutorial Cara Mengembalikan File Yang Hilang Oleh Virus Dengan CMD :

1.  Bukalah CMD pada komputer anda dengan cara: Windows + R, lalu ketikkan "cmd" dan enter.

2. Maka akan keluar sebuah Console Command dengan background berwarna hitam seperti gambar dibawah ini.

3. Lalu anda ketikkan pada CMD disk mana yang terdapat file yang hilang. Contoh dalam kasus saya file yang hilang berada di disk " G: " , maka saya tuliskan " G: " pada CMD lalu tekan enter.

4. Jika sudah masuk kedalam disk dengan perintah diatas, kita lanjutkan dengan mengetikkan " attrib /s /d "untuk melihat jenis-jenis attribut yang ter-setting difile anda (cara ini juga bisa digunakan untuk melihat file dengan attribut SH atau System Hidden ).

4. Jika sudah menuliskan " attrib /s /d " lalu tekan enter, dan otomatis cmd akan men-scan semua file yang ada di disk tersebut. Maka terlihat juga file-file yang terkena SH atau System Hidden oleh virus.

5. Karena kita sudah membuktikan bahwa semua ini adalah ulah dari virus, maka langsung saja ketikkan lagi pada CMD dengan perintah " attrib /s /d -s -h " lalu enter

6. Jika berhasil, maka tidak terdapat pesan error seperti yang terlihat pada gambar di atas. Dan lihatlah disk anda, file-file yang ter-hidden oleh virus telah berhasil anda kembalikan.


Itulah ulasan dari artikel kami kali ini. Saran dari AllAbout kepada para pembaca adalah, jangan sembarang colok flashdisk anda ke komputer orang lain, itulah yang menyebabkan virus dapat masuk dan bersarang di dalam flashdisk anda. Terimakasih telah berkunjung ke blog kami, tetap pantau terus informasi ter-update AllAbout dengan cara follow Facebook dan Google+ kami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar dibawah, jangan lupa untuk berkomentar dengan kalimat yang baik dan sopan.
Load disqus comments

8 komentar