Tuesday, May 9, 2017

Mengenal Virus Komputer Beserta Sejarah dan Dampak yang Ditimbulkannya


Virus merupakan keluarga dari malware ( Malicious Software ) atau software yang berbahaya. Sifat dasar virus komputer adalah mampu menginfeksi program lain sebagai media penyebarannya. Pada dasaranya, penggunaan istilah virus dikarenakan adanya kesamaan dalam hal sifat antara virus komputer dengan virus biologis, yaitu dimana keduanya memiliki tujuan yang sama untuk bertahan hidup dan bereproduksi.

Era virus dimulai sejak lahirnya zaman DOS di Indonesia, beberapa tahun sebelum 1990. Sampai era Vista, bahkan Windows 10 ( sekarang ), perkembangan virus sangat pesat seakan-akan tak ada surutnya, begitu juga dengan teknik-teknik penyerangan barunya.  Sekitar tahun 2005, bisa dikatakan menjadi salah satu tahun tanda kebangkitannya virus dimana sebuah virus dari dalam negeri maupun luar negeri.

Virus pada awalnya mudah dibasmi dengan cara biasa, yaitu dengan Antivirus ataupun dengan cara manual. Biasanya dalam membasmi virus secara manual diperlukan sebuah tools bantu untuk menghentikan proses kerja virus, seperti Iknow Process, ProcessExplorer dll ( semacam aplikasi seperti Taskmanager pada Windows ). Namun, cara tersebut kadang tidak 100% dapat berhasil. Banyak virus yang melakukan blocking terhadap caption/nama-nama tools tersebut. Sehingga jika nama tersebut terdapat dalam data sang virus, maka secara otomatis virus akan menutup aplikasi tersebut ( Function WinQuit yang biasa terdapat di virus VB6.0 ).

Biasanya, bila pc dalam kondisi normal tidak dapat membasmi virus, maka membasmi virus dapat dilakukan melalui Safe Mode. Pada saat mode ini, anda dapat melakukan perbaikan pada drive yang bermasalah, sehingga file-file system windows yang rusak dapat menjadi normal kembali.

  • Sejarah Singkat Virus
    Awal mulanya pada 1960, para ahli di lab BELL ( AT&T )  yang telah menghasilkan banyak hal dalam dunia komputer mencoba untuk membuktikan teori yang dikemukakan oleh John V Neuman. Dia mengungkap "Theory and Organization Complicated Automata" yang membahas kemungkinan program yang dapat menyebar dengan sendirinya. Disela-sela istirahat mereka, para peneliti membuat permainan dengan suatu program yang dapat memusnahkan program buatan lawan dan kemampuan membenahi dirinya sendiri lalu balik menyerang kedudukan lawan. Program permainan ini juga dapat memperbanyak dirinya secara otomatis. Perang program ini disebut dengan Core War. Karena sadar akan bahaya program tersebut, maka setelah selesai bermain, program tersebut selalu dimusnahkan.

    Pada tahun 1980, program yang tadinya digunakan sebagai permainan berbahaya tersebut akhirnya bocor keluar dari lab, dan menyebar luas di dunia cyber.

    Pada tahun 1981,  virus "In the Wild" pertama ditemukan. Virus yang bernama Elk Cloner ini menyebar melalui floppy disk pada komputer Apple II.

    Pada tahun 1986, virus Brain ( dikenal juga dengan nama virus Pakistan ) menyebar luas di Indonesia, dan ini merupakan virus yang paling menggemparkan, karena penyebarannya yang luar biasa.
  •  Dampak yang Ditimbulkan oleh Virus
    1. Memperlambat kinerja komputer.
    2. Menginfeksi file.
    3. Mencegah akses ke web-web tertentu.
    4. Menyembunyikan file.
    5. Memblokir Registry.
    6. Memblokir Task Manager.
    7. Memblokir Command Prompt.
    8. Memblokir System Restore
    9. Mengubah gambar pada desktop
    10. Mengunci folder

    Ya, itulah beberapa ulasan mengenai artikel "Mengenal Virus Komputer Beserta Sejarahnya" AllAbout Blog berpesan untuk selalu menjaga komputer anda dari serangan virus. Terimakasih telah membaca artikel ini, Semoga Bermanfaat.
Load disqus comments

0 komentar