Tuesday, May 16, 2017

Review Antivirus Smadav 2017: Antivirus Kelahiran Indonesia Dengan Penambahan Fitur Baru Anti-WannaCry

source gambar: www.zuffiliant.wordpress.com
Siapa sih yang tidak kenal dengan Smadav Antivirus? Yap salah satu antivirus kelahiran Indonesia, yang dibuat pada tahun 2006. Kita harusnya bangga karena mempunyai antivirus produk lokal, untuk itu ayo kita memakai smadav sebagai pelengkap antivirus dari komputer kita, kenapa saya bilang pelengkap? karena smadav ini dapat diinstall bersamaan dengan antivirus lainnya. Contohnya saya memakai antivirus Eset sebagai pertahanan utama komputer saya, dan sebagai pertahanan cadangan saya memakai Smadav Antivirus, kenapa bisa begini? karena smadav didesain tidak untuk menjadi pertahanan utama dalam komputer melainkan sebagai pertahanan tambahan atau cadangan pada komputer, sehingga sangat kompatibel dijalankan pada komputer yang mempunya dua antivirus ( etc dan Smadav). File size dari installer smadav pun bisa dibilang paling kecil dibandingkan antivirus lainnya, yaitu hanya sekitar 1,4MB bahkan tidak mencapai 1,5MB. oleh karena itu smadav tidak akan membebankan kinerja komputer anda karena sifatnya yang ringan.


Fungsi Utama Smadav.
Fungsi utama smadav sebenarnya adalah untuk proteksi tambahan bagi komputer anda, karena sifat smadav yang didesain sebagai proteksi tambahan, sehingga dapat kompatibel dijalankan walaupun telah terinstall antivirus selain smadav (berfungsi sebagai lapisan kedua atau cadangan). Smadav mempunya fitur khusus untuk mendeteksi dan membersihkan virus sehingga dapat meningkatkan keamanan komputer anda. Jadi, dengan perpaduan antivirus lain dengan smadav akan memperkuat pertahanan komputer anda terhadapa virus, malware dll.


Proteksi Total Terhadap Flashdisk
Ini adalah fitur yang saya sukai dari smada, karena saat flashdisk orang lain yang kita colokkan ke komputer anda, secara responsif smadav langsung melakukan scanning terhadap flashdisk tersebut. Yang saya sukai adalah saat adanya file penting yang ter-hidden didalam flashdisk, anda tidak perlu membuka CMD untuk melakukan unhidden file, cukup menggunakan Smadav Antivirus dengan cara scan flashdisk tersebut dan lihatlah hasilnya file-file yang tadinya ter-hidden kini muncul kembali.

Karena media flashdisk adalah salah satu media penyebaran virus terbesar. Smadav mempunya teknologi tersendiri untuk mencegah virus masuk melalui flashdisk, karena misi Smadav sendiri adalah 100% tidak ada lagi penyebaran virus melalui flashdisk.

Scanner Yang Sangat Cepat
Layaknya antivirus lainnya, Smadav juga dapat melakukan scan terhadap komputer anda. Jika di antivirus lain mungkin anda akan malas melakukan scanner terhadap komputer anda karena beberapa faktor, mungkin faktor utamanya adalah karena proses scannernya yang lama dan dapat memakan waktu berjam-jam. Namun jangan khawatir kan faktor itu di Smadav Antivirus, di fitur scanner ini, anda dapat melakukan scanner komputer dengan cepat dan pastinya efektif, pastikan untuk selalu scan komputer anda minimal satu minggu sekali, untuk meminimalizir terjadinya penyebaran virus.


Fitur Cleaner dan Beberapa Tools Untuk Membasmi Virus
Di antivirus ini, anda dapat melakukan penghapusan virus melalui cara otomatis maupun manual. Untuk melakukan pembersihan manual, Smadav Antivirus telah menyediakan beberapa tools untuk anda gunakan. Berikut beberpa toolsnya:

  1. One-Virus By-User, untuk menambahkan file virus dan membersihkannya secara manual
  2. Process Manager, untuk mengatur proses dan program yang berjalan di PC.
  3. System editor, untuk memperbaiki pengaturan sistem yang diubah virus.
  4. Win-Force, untuk membuka program manajemen sistem di Windows.
  5. Smad-Lock, untuk memperkuat pertahanan drive komputer dari infeksi virus.


Antivirus Smadav 2017 Updated to v.11.4
source gambar: www.smadav.net

Pada tanggal 15 mei 2017 kemarin, pihak Smadsoft, telah memperbarui Antivirus Smadav 2017 ke versi v.11.4. Apa yang baru dari versi ini?

Smadav 2017 v.11.4 : 
  • Penambahan database 404 virus,
  • Peningkatan kemampuan Anti-Ransomware untuk pencegahan Ransomware (WannaCry 1 dan Wanna-Cry 2.0),
  • Penggunaan resource CPU lebih ringan saat proteksi aktif,
  • Perbaikan kesalahan program (bug) dan kesalahan deteksi.
Pasca terjadinya serangan Ransomware WannaCry kemarin (baca artikelnya Disini) pihak Smadsoft langsung mencari bagaimana cara mengatasi ransomware jenis ini, dan tidak lama kemudian akhirnya  pihak Smadsoft memperbarui Smadav Antivirus 2017 v.11.4, dengan penambahan fitur yaitu Anti-Ransomware. Penambahan fitur ini mungkin sangat layak anda gunakan karena situasi keadaan dunia cyber sekarang yang terbilang heboh oleh Serangan Ransomware WannaCry ini. Untuk kalian yang ingin melindungi komputer anda dari ransomware jenis ini, silahkan gunakan fitur terbaru dari Smadav Antivirus.



Smadav Free vs Pro
Smadav memang bisa anda dapatkan dengan gratis, namun untuk penambahan beberapa fitur anda diharuskan untuk melakukan upgrade user ke Pro. Silahkan cek gambar dibawah ini untuk perbandingan Free User vs Pro User.


About Smadav
Smadav adalah antivirus produkan Indonesia yang berfungsi untuk proteksi tambahan komputer Anda, proteksi total USB Flashdisk, dan pembersihan virus yang menyebar luas. Jangan takut untuk menggunakan Smadav Antivirus pada komputer anda dengan alasan kualitas, karena antivirus ini sudah terkenal hingga ke luar negeri. Karena 20% pengguna smadav berasal dari Philipina, India, Malaysia dan Afrika.


Untuk kalian yang ingin mendownload Smadav Antivirus silahkan klik Disini. Dukunglah antivirus buatan anak bangsa ini dengan cara menggunakannya pada komputer anda. Untuk kalian yang ingin upgrade menjadi Pro User, saya sarankan untuk tidak menggunakan license ilegal, ada baiknya kalian membeli license original Smadav Antivirus ini untuk mendukung kualitasnya kedepan.


Itulah review dari software Smadav Antivirus yang dapat AllAbout bagikan saat ini, jangan lupa untuk follow akun Facebook dan Google+ kami untuk mendapatkan notifikasi dari artikel-artikel terbaru kami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Load disqus comments

38 komentar