Tuesday, May 16, 2017

Tips Memilih Nama Domain Agar Meningkatkan Traffic Blog


Sudah siap untuk mengganti dan membeli domain untuk blog anda? Kali ini AllAbout ingin memberikan sebuah tips untuk kalian para blogger dan website, diartikel ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai Tips dan Trik Memilih Domain. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih domain.
  • Prioritaskan Domain Berekstensi .com Terlebih Dahulu. Sebagai esktensi paling tua, .com paling populer di antara ekstensi-ekstensi yang lain. Pengguna internet pun lebih mudah mengingat nama domain berekstensi .com ketimbang yang lainnya. Karena itu, prioritaskan nama domain dengan ekstensi .com terlebih dahulu, jika nama domain yang anda inginkan sudah tidak ada ekstensi .com, barulah anda beralih ke pilihan lain seperti .net, .info, atau .biz.
  • Nama Domain Harus Mudah Diingat. Jangan lupa bahwa nama domain adalah identitas anda. Jadi, semakin mudah orang mengingatnya akan semakin baik. Mudah diingat tidak selalu harus pendek, tapi juga jangan terlalu panjang. Agar lebih mudah diingat, idealnya nama domain hanya terdiri dari satu sampai lima huruf atau dua sampai empat suku kata.
  • Nama Domain Harus Mudah Dieja atau Dilafalkan. Akan ada saat-saat dimana anda memberitahukan nama domain secara verbal, mungkin ketika sedang berbincang-bincang atau lewat telepon, dan nama domain yang pengucapannya mirip-mirip akan membingungkan pendengar.
  • Nama Domain Merepresentasikan Isi Blog. Kalau blog anda bertipe personal, menggunakan nama lengap merupakan pilihan bagus. Kalau nama anda terlalu panjang, gunakan saja dua kata dari nama lengkap tersebut atau bisa juga memakai nama panggilan. Jika anda membangun blog jenis high demand niche market blog, usahakan nama domain yang dipilih mengandung kata kunci dari niche yang anda targetkan. Hal ini agar anda dapat lebih mudah memenangkan persaingan di halaman hasil pencarian Search Engine. Untuk hobbies passion blog pilihannya lebih fleksibel, di mana anda bisa memakai nama, nama panggilan, kata kunci, atau malah kata lain yang berhubungan dengan topik blog.
  • Hindari Penggunaan Tanda Hubung (-). Menurut beberapa pakar SEO, penggunaan tanda hubung mempermudah mesin pencari membaca kata kunci yang terkandung dalam nama domain tersebut. Tapi jeleknya, menggunakan tanda hubung pada nama domain membuat manusia kesulitan mengingatnya. Kemungkinan lain, orang biasanya lupa mengetikkan tanda hubung di browser. Apalagi nama domain dengan tanda hubung sukar dibaca dengan lidah orang Indonesia. Coba anda bandingnkan, lebih mudah mengeja domain www.about31.com atau www.about-31.com? Saya yakin jawabannya adalah yang pertama.
  • Jangan Pakai Angka. Penggunaan angka pada nama domain dapat membingungkan orang untuk mengingat. Selain susah diingat, penggunaan angka juga tidak bagus untuk optimasi SEO.
  • Jangan Gunakan Singkatan. Sama halnya dengan angka, penggunaan singkatan dapat membingungkan orang saat pertama kali mendengarkannya.
  • Hindari Unsur Pornografi dan SARA. Demi kelangsungan perjalanan anda di dunia blogging, sebaiknya jangan coba-coba bermain api dengan dua hal tersebut.
  • Begitu Menenemukan Nama Domain Yang Cocok, Segera Beli! Jangan pernah menunda-nunda pembelian domain. Sama seperti tanah kosong, domain adalah lahan yang semakin lama akan habis. Dan, nama-nama domain strategus biasanya lebih cepat habis dibeli orang. Jado, begitu mendapatkan nama domain yang menurut anda bagus, segera beli!
Jika anda berniat untuk membeli domain, sebaiknya anda cek dahulu ketersediaan nama domain yang anda inginkan, silahkan anda search di google dengan keyword "Whois Domain". Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk follow akun Facebook dan Google+ kami untuk mendapatkan info mengenai artikel-artikel terbaru kami.
Load disqus comments

32 komentar