Friday, May 12, 2017

Yuk, Kita Kenalan Lebih Jauh Dengan Gitar, Terdapat Sejarahnya Juga Loh


Gitar merupakan salah satu alat musik yang selalu ada dalam setiap genre musik. Gitar termasuk unsur terpenting dalam sebuah band. Banyak dari kalian pastinya dapat memainkan gitar, alat musik petik ini sangat banyak jenis dan bentuknya yang sangat dipengaruhi oleh kebudayaan dan perkembangan zaman. Pastinya sedikit sekali dari kalian yang mengetahui sejarah dan perkembangan alat musik ini. Tidak ada salah jika AllAbout akan menjelaskan lebih jauh kepada kalian, karena dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat menambah wawasan kita khususnya instrumen petik ini.

Gitar adalah alat musik yang terbuat dari kayu dengan beberapa bagian logam dan terdapat 6 tali atau senar untuk dimainkan. Bagian dan bawah dari badan gitar berbentuk angka 8, terdapat 6 buah senar yang terikat pada Pegs atau pemutar senar yang ditarik sepanjang badan gitar ( Pegs atau pemutar senar digunakan untuk Tuning ).

Instrumen ini sangat dikenal. Hanya dengan memetik senarnya, orang-orang langsung bergabung bersama. Pada sebuah pesta anda bisa bermain gitar untuk bernyanyi dan berdansa. Di saat sendiri suara yang dihasilkan bagai sebuah Orchestra kecil. Suara gitar sendiri mempunya sifat romantis. Oleh karenanya, lagu Romansa paling cocok dibawakan dengan gitar. Selain gitar-gitar tradisional, maka ada beberapa jenis gitar lainnya. Misalnya gitar Hawaiian yang menggunakan sistem slide, kemudian ada gitar yang menggunakan dawai nylon ( gitar klasik dan gitar folk ), serta ada pulsa yang menggunakan dawai logam ( steel guitar ).

Sejarah Gitar
Sejarah gitar dipercaya dimulai di wilayah Timur Dekat. Di antara puing-puing yang ditemukan di Babilonia, yang paling relevan adalah gitar yang dibuat pada 1900-1800 SM. Dari masa itu, hingga tahun 1650, gitar mengalami evolusi yang begitu rumit dan beraneka ragam. Begitu banyak jenis dan masing-masing memiliki nama yang berbeda.

Keaslian gitar tidak dapat dilihat dari keantikannya. Beberapa ahli merasa alat ini berasal dari benua Afrika, di mana banyak Replika modern dalam bentuk kotak bulat seperti kulit kerang dengan Gut atau benang-benang sutera, di berbagai daerah benua itu. Ahli lain menemukan alat ini dalam bentuk kaca di relief-relief batu tua di zaman Asia Tengah dan Asia kuno. Bahan pemikiran lain juga timbul dengan ditemukannya vas-vas Yunani Kuno yang bercorak. Greek Strings mungkin adalah alat pertama yang dikategorikan sebagai gitar. Gitar modern kemungkinan berakar dari gitar Spanyol, tetapi berbagai jenis gitar seperti instrumen-instrumen yang kita bisa saksikan di lukisan-lukisan pada zaman Medieval dan Renaiassance yang banyak terdapat di seluruh Eropa.

Berikut ini adalah tempat-tempat bersejarah ditemukannya gitar-gitar dari zaman Medieval sampai abad ke-20, berdasarkan sejarah dan perkembangannya :

  • 1265 Juan Gil dari Zamora menyatakan sejarah awal gitar dimulai dari "Ars Musica".
  • 1283-1350 Guitarra Latina dan Guitar Moresca terdapat pada puisi "Archpriest of Hita".
  • 1306 Seorang pemain gitar bermain pada sebuah tempat religius ( The Feast of Westminister ) di negara Inggris.
  • 1487 Johannes Tinctoris berpendapat bahwa instrumen gitar ditemukan oleh bangsa Catalans.
  • 1546 Alonso Mudarra Menciptakan komposisi "Tres Libros de Musica en Cifras Para Vihuela" yang melibatkan gitar di dalamnya.
  • 1551-1555 Sembilan buku tablatur gitar diterbitkan oleh Adrian Le Roy.
  • 1600-1650 Berbagai jenis tablatur untuk gitar dipublikasikan. Popularitasnya mulai menyaingin Lute (sejenis instrumen gitar).
  • 1674 Buku "Guitarre Royal" yang diterbitkan oleh F. Corbetta yang menaikkan popularitas dari gitar. Buku ini didedikasikan kepada Raja Louis XIV.
  • 1770-1800 Senar ke 6 ditambahkan pada gitar dan semuanya menjadi Single String.
  • 1800-1850 Gitar mengalami puncak kepopulerannya dalam hal penampilan dan publikasi. Fernando Sor, Mauro Guilliani, Matteo Carcassi dan Dioniso Aguado adalah para komposer terkenal yang menulis, mengajarkan dan menerbitkan komposisi mereka.
  • 1850-1892 Seorang produsen gitar Manual Torres mengembangkan generasi yang kita ketahui sekarang ini.
  • 1916 Segovia mengadakan konser di Ateneo, yang merupakan gedung konser yang paling terkenal di Madrid pada saat itu. Sebelumnya instrumen gitar dikenal belum bisa ditampilkan pada even sebesar ini.

Itulah artikel yang dapat AllAbout sajikan pada kesempatan kali ini, pantau terus blog ini untuk mendapatkan informasi ter-update kami dengan cara follow Facebook dan Google+ kami. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Load disqus comments

1 komentar: